Optimasi SEO Secara Offline (Off Page)

Memang, untuk meraih posisi atas atau sekedar mempertahankan posisi di search engine khususnya yang terkenal seperti google di halaman pertama dengan keyword yang banyak dicari orang itu tidaklah mudah, banyak faktor-faktor yang mempengaruhi. Dan kalau istilahnya adalah Teknik Optimasi SEO.

Optional saja..! sebelum melanjutkan membaca artikel mohon yang merasa blogger senior atau lebih lagi pakar seo (Search Engine Optimization) tidak perlu melanjutkan, karena artikel ini hanya membantu blogger pemula seperti seo, T_T.. Takut dikira cuma nyampah saja, tapi yah mohon bimbingannya kalau mau membacanya, thanks.. OK, dalam posting kali ini membahas Teknik Optimasi Blog secara Off Page yaitu mengoptimalkan dari luar halaman blog supaya medapatkan posisi peringkat lebih bagus di mesin pencari tentunya..! Contoh Optimasi secara OffPage adalah mendapat backlink / inbound link berkualitas dari luar blog. Lalu, cara mendapatkannya?


  1. Memberikan Komentar di blog dofollow, karena mereka dengan senang hati memberikan backlink secara gratis kepada anda cukup dengan berkomentar saja, tapi usahakan dalam memberikan komentar harus nyambung dengan topik artikel yang dibahas, dan jangan hanya menggunakan 1-2 kata! nanti dikira spam sama robots dari search engine, atau lebih lagi dikira cuma numpang backlink sama pemilik blog trus dihapus dah.. (namanya juga saling membantu, usahakan memberikan komentar yang baik dan membangun karena mendapat backlink gratis dari blog itu, masa ngasih spam seh?? btw, blog ini juga dofollow)
  2. Ini favorit seo, yaitu dengan membuat Dummy Blog. Maksudnya adalah membuat blog lain yang hanya dimanfaatkan untuk mengoptimasi blog utama, caranya dengan membuat backlink/umpan balik pada setiap posting artikel yang dibuat. seperti blognya kang rohman.
  3. Lakukan ping secara berkala ke fasilitas gratis seperti di mypagerank, atau tempat lain. Tapi, jangan lakukan ping berlebihan. Cukup setiap membuat posting baru saja agar tidak dikira spam.
  4. Dan terakhir, Men-submit ke blog directory gratisan setiap kali posting artikel dan Memanfaatkan Iklan baris yang menganut paham dofollow.
  5. Saya yakin masih ada banyak cara lain dalam penerapan Teknik Optimasi SEO Off-page tersebut, jadi jika menemukan kesalahan atau kekeliruan dari pengertian di atas harap maklum, namanya juga masih awam dan Hanya Blogger Biasa. Gak selalu benar kan..? Jadi mohon saran dan komentarnya..

Refrensi : Indrowicahyo



12 komentar:

rey mengatakan...

cara mengetahui berapa backling yang kita dapat gimana mas?
mohon pencerahan...trims

blog"GUE" mengatakan...

thanks buat infonya, akan saya coba..
btw blog dofollow itu apa ya?

cinta-seo mengatakan...

Sebenarnya cara untuk mengetahui jumlah backlink tinggal anda buka aja http://www.cekpagerank.com/ kumplit dan cepat

cinta-seo mengatakan...

Blog "GUE" : sebenarnya kalau dofollownya di klik muncul akan muncul pengertian dofollow dan di kupas tuntas. low disini kepanjangan di klik aja om low mau lebih mengenal dofollow

syam mengatakan...

salam kenal sob..

mas is mengatakan...

mantap gan, semoga bisa diterapkan di blog ini...salam kenal dari aljazair..

Hosting Murah Indonesia Indositehost mengatakan...

Indositehost adalah Hosting Murah Indonesia Indositehost.com

Tihang mengatakan...

Cukup menarik, bisa dipraktekan ni...

Rakyat Ngomong mengatakan...

Salah satu cara yang terlupa adalah tukeran link, oleh karena itu tukeran link yuk?

Zeolite mengatakan...

Ada hubungan ngga antara PR dengan SEO friendly?

Manajemen-Blog mengatakan...

Tentu ada. walaupun tidak sebesar dulu efeknya, seo mempengaruhi urutan artikel di mesin pencari. dan PR sendiri berfungsi sebagai salah satu point pendongkaknya. tapi perlu di ketahui walaupun PR besar tidak selalu menjamin site selalu di posisi atas. banyak kok site yang punya PR gede kalah sama blog yang PR nya baru 1 atau 2

My Halaman mengatakan...

salam perkenalan saya baru berjinak2 dengan dunia blogging ini, sekarang sedang mau blajar lagi cara2 blogging, terima kasih atas info yang bernas dan berkualiti - saya asal dari malaysia...